BIENVENUE

Selamat datang di blog saya! Semoga isi didalamnnya bisa membantu anda !

ALAM SEKITAR

ALAM SEKITAR

Kamis, 04 Maret 2010

PATRIOTISME PEMUDA


PATRIOTISME PEMUDA PADA ERA GLOBALISASI

Sekarang merupakan jaman globalisi, yaitu jaman dimana antarindividu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Di jaman ini juga sudah ada berbagai macam alat – alat yang sangat canggih untuk membantu semua kerja manusia. Tetapi entah mengapa nilai – nilai yang diberikan oleh para pejuang kita dulu sudah mulai pudar. Itu semua dapat dilihat dalam kejadian – kejadian yang baru belakangan ini terjadi, salah satu contoh adalah demo yang dilakukan secara anarkis. Jadi sebenarnya apakah patriotisme itu ? kemana sifat patriotisme kita terhadap bangsa Indonesia yang kita sangat cintai ini ?.Apakah dengan melakukan demo secara anarkis dapat membela negara, dan menyelesaikan masalah dengan cepat?.

Patriotisme adalah sikap yang berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara. Ingat kah kalian tentang perjuangan para pahlawan kita pada masa penjajahan yang talah menggorbankan seluruh jiwa, raga, keluarga, dan harta bendanya hanya untuk menciptakan suatu negara yang bebas dari penjajahan ?. Sebenarnya kita hanyalah menikmati hasil jerih payah dari para pahlawan kita. Sekarang sudah sepantannya kita sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia ini untuk membalas budi baik dan jasa – jasa beliau semua dengan cara melanjutkan perjuanggan bangsa Indonesia yang kita cintai ini, yaitu dengan ikut berperan aktif dalam pembangunan negara. Maka dari itu para pemuda Indonesia seharus memiliki sifat – sifat patriotisme yang dulu dimiliki oleh para pejuang bangsa, guna untuk membangun negara Indonesia tercinta , supaya bangsa Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan dapat memakmurkan rakyatnya sehingga dapat dipandang di dunia Internasional.

Patriotisme Pemuda, sikap ini seharusnya sudah mulai diterapkan dibangku sekolah, supaya sifat patriot yang dimiliki oleh para pejuang kita bisa ditanamkamkan dalam jiwa para pemuda generasi penerus bangsa, sehingga mereka dapat sadar betapa sulit untuk menciptakan negara yang makmur dan sejahtera. Sehingga para pemuda generasi penerus bangsa dapat diharapkan di kemudian hari nanti, rasa patriot yang di milikinya bisa digunakan untuk membangun negara Indonesia ini menjadi negara yang cita – citakan dan diidam – idamkan kita semua selama ini.

Kita dapat menerapkan sikap patriotisme ini dengan mengapresiasikan suara kita terhadap pemerintah. Cara mengapresiasikan suara kita, dapat kita lakukan dengan cara melakukan demonstrasi. Tetapi sebenarnya yang dimaksudkan dengan demonstrasi itu adalah protes yang kita lakukan untuk menyatakan pendapat kita dalam kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Demonstasi ini dapat kita lakukan, tetapi harus sesuai dengan undang – undang yang telah berlaku. Adapun syarat – syarat melakukan demonstarsi adalah sebagai berikut :
(1) Sekurang-kurangnya dalam waktu 7 (tujuh) hari sebelum demonatrasi dilaksanakan,
para demonstran wajib memberitahukan secara tertulis kepada pengusaha dan
instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan setempat.
(2) Memuat: a. waktu (hari, tanggal dan jam) dimulai dan diakhiri mogok kerja
b. tempat mogok kerja;
c. alasan dan sebab-sebab mengapa harus melakukan mogok kerja
d. tanda tangan ketua dan sekretaris dan/atau masing-masing ketua dan
sekretaris demonstran sebagai penanggung jawab mogok kerja.
Apabila syarat-syarat ini telah dipenuhi maka demonstrasi tersebut dinyatakan sah secara hukum. Selain itu pihak yang melakukan demonstrasi harus menjaga agar situasi tetap tertib dan kondusif, para domonstran harus menghindari terjadinya kericuhan atau ketidaktertiban selama demonstrasi berlangsung. Tetapi pada kenyataannya banyak demonstrasi yang berakhir dengan anarkis ( kekerasan ) sehingga menyebabkan pengrusakan terhadap benda-benda dan berbagai fasilitas umum. Sebenarnya kalau kita melakukan demonstarsi dengan anarkis, bukannya kita menyelesaikan masalah yang terjadi malah sebaliknya, kita hanya menambah masalah dalam hidup kita. Selain itu dengan melakukan demonstrasi secara anarkis bukannya kita sebagai generasi penerus bangsa membela bangsa, sebaliknya kita hanya memalukan para pejuang kita, karena memberikan kemunduran bagi Bangsa Indonesia yang sangat kita cintai ini.

Sekian pendapat saya, apabila ada yang salah atau menyinggung mohon dimaafkan.

Merdeka..................Merdeka...................Merdeka........Merdeka...............Merdeka............Merdeka..

1 komentar:

  1. menurut saya patriotisme itu sangat penting, kerena dengan sikap patriotisme kita bisa melindungi dan menjaga Tanah air tercinta kita ini. Apalagi pada jaman globalisasi ini di mana sudah tidak ada pembatas tentang baik dan buruknya suatu sikap. Maka dari itu saya sarankan sebaiknya sikap patriotisme ini sudah mulai diajarkan dibangku sekolah, agar dikemudian hari semua pemuda tidak akan melupakan jasa - jasa para pahlawan yang telah membelah Tanah air tercinta ini, selain itu para pemuda juga dapat membangun sikap yang baik untuk memajukan negara Indonesia yang tercinta ini !!!
    Ayolah bangkit pemuda Indonesia. Ambillah senjatamu. dan Belalah negara yang sangat kita cintai ini !!!!
    MERDEKA.......MERDEKA........MERDEKA.......
    mohon maaf apabila ada slah kata, sehingga dapat menyinggung perasaan anda !

    BalasHapus